loading...

Friday, January 12, 2018

10 Pemain Gagal Bersinar di Barcelona

Pemain sepakbola mana yang tidak ingin bergabung dan bermain untuk klub sebesar Barcelona. Klub yang berasal dari Spanyol ini memang cukup menjadi daya tarik bagi beberapa pemain sepakbola. Bermain di Barcelona tidak menjamin akan menjadi superstar, berikut beberapa pemain sepakbola yang direkrut Barcelona dan gagal bersinar.


1. ARDA TURAN
Pemain berdarah Turki dan berposisi sebagai gelandang didatangkan oleh Barcelona dengan mahar 34 juta euro pada tahun 2015 dari Atletico Madrid. Tapi sayangnya, Barcelona harus menunggu selama 6 bulan lamanya untuk merasakan jasa dari Arda Turan. FIFA menjatuhkan hukuman kepada Barcelona saat melakukan transfer pemain muda. Arda Turan hanya tampil 55 kali saat itu dan hingga saat kini, gelandang asal Turki ini belum mencicipi menit bermain untuk Barcelona. Sekarang sang pemain diisukan akan hengkang dan kembali ke Turki.


2. DMYTRO CHYGRNSKIY
Pemain nasional Ukraina dan berposisi sebagai bek tengah. Hanya menghabiskan 1 musim di Catalan pada tahun 2009. Didatangkan dari Shaktar Donetsk dengan kontrak senilai 25 juta euro dan hanya tampil sebanyak 14 kali, kemudian Barcelona melegonya ke klub lamanya dengan mahar 15 juta euro. Padahal pelatih kepala The Catalan saat itu, Pep Guardiola ingin mempertahankanya.
3. ALEX SONG
Bekas pemain meriam London, Arsenal ini datang ke Barcelona dengan banderol 40 juta euro. Ternyata permainan selama di tim tak "semahal" banderol yang tersemat padanya. Alex Song tampil buruk selama berkostum Barcelona. Setelah 2 musim, dia pun akhirnya hengkang dan berlabuh ke West Ham United. Negara Inggris sepertinya adalah jodoh buat karir dia.
4. ALEX HLEB
Datang dengan transfer 17 juta euro pada tahun 2008, gelandang asal Belarus ini tidak banyak andil dalam treble winner yang diraih Barcelona. Setelah hanya tampil 36 pertandingan, kurang lebih semusim saja. Hleb hijrah ke kota London bergabung dengan Arsenal. Di Arsenal dia menunjukkan performance yang menakjubkan selama 3 musim. Selanjutnya karirnya dihabiskan dalam masa peminjaman ke beberapa klub dan berakhir di Rusia.



5. KEIRRISON
Datang dari klub Brazil, Palmeiras pada tahun 2009. Striker ini gagal menunjukkan kehebatannya pada pertandingan pertamanya bersama Barcelona. Banderol 14 juta euro harus dikeluarkan Barcelona untuk mendapatkan tanda tangan striker ini. Karirnya sempat dihabiskan dalam masa peminjaman di klub liga Brazil, hingga akhirnya tahun 2014 statusnya bebas transfer dan kembali ke tanah airnya.



6. EMMANUEL PETIT
Pemain nasional Prancis dengan gaya khasnya yaitu rambut kuncir kuda ini datang ke Barcelona dari Arsenal dengan fee 14 juta euro. Dalam biografinya, dia mengatakan kesalahan terbesarnya adalah menukar Highbury (markas Arsenal) dengan Camp Nou. Di Barcelona Petit hanya bermain 38 kali dan itupun bukan dari menit awal, kebanyakan dari bangku cadangan. Satu musim cukup buatnya yang kemudian kembali ke London bergabung dengan Chelsea.
7. GEOVANNI
Dalam sejarah Barcelona, penyerangnya sering diisi oleh pemain asal Brazil. Seperti Geovanni yang datang dari Cruzeiro pada tahun 2001 dengan fee 18 juta euro. Daya magisnya sebagai pemain Brazil tidak berjalan sempurna di Barcelona, hanya 50 penampilan dan tidak mencetak satu gol pun membuatnya terdepak ke Benfica dan dilepas secara gratis oleh Barcelona.
8. FABIO ROCHEMBACK
Dia datang dan digadang-gadang menggantikan posisi Pep Guardiola yang hengkang ke Brescia pada tahun 2001. Beban sepertinya buat pemain asal Brazil ini untuk menggantikan jenderal lapangan tengah dari Barcelona. Karirnya pun dihabiskan dalam masa peminjaman, Sporting CP dan Middlesbrough adalah beberapa klub yang sempat mencicipi jasa tenaganya.
9. HENRIQUE
Tidak banyak yang mendengar nama pemain ini. Walaupun selama 4 musim di Barcelona (2008 - 2012) dan ikut merasakan gelar piala yang direngkuh oleh Barcelona selama kepelatihan Pep Guardiola. Gagal dalam penampilan di Barcelona, Henrique dipinjamkan ke beberapa klub hingga akhirnya dia menunjukkan performa terbaik saat membela Napoli di Seri A Italia. Tapi sayang, Barcelona sudah tidak tertarik lagi, dan menjualnya ke klub lamanya Palmeiras.
10. VITOR BAIA
Kiper nyentrik  dengan aksinya yang cukup berani, siapa yang tak kenal. Didatangkan dari FC Porto dengan mahar 6.5 juta euro, Vitor Baia memiliki masa sulit selama dua musimnya di Barcelona 1996 - 1998. Barcelona yang saat itu di bawah asuhan Louis van Gaal, kiper ini tersisih dari posisi utamanya. Tepat setelah 2 tahun bersama blaugrana, Vitor Baia memutuskan untuk pulang kampung ke FC Porto dan pilihannya tepat. Dia menjuarai beberapa gelar termasuk Liga Champions yang saat itu FC Porto dilatih oleh Jose Mourinho.

No comments:

Post a Comment

5 Pelanggaran Terparah Dalam Sepak Bola

Dalam pertandingan sepakbola , kontak fisik antar pemain sudah pasti terjadi . Ada yang disengaja ada pula yang tidak disengaja . ...